www.tirastimes.com
Selasa, 23 Oktober 2018
 
Jelang kedatangan Jokowi, Rentetan Ledakan Terjadi di Kabul
Senin, 29-01-2018 - 17:54:11 WIB

TERKAIT:
 
  • Jelang kedatangan Jokowi, Rentetan Ledakan Terjadi di Kabul
  •  

    Presiden Joko Widodo tetap melakukan kunjungan ke Afghanistan meski negara tersebut tengah dilanda teror bom. Bahkan, jelang kunjungannya ke negara tersebut, serangkaian ledakan terjadi tepatnya di daerah dekat akademi militer Marskal Fahim, Kabul.


    Saksi mata mengatakan ledakan mulai terdengar subuh tadi dan ledakan susulan masih terus terdengar setelahnya.


    "Ledakan dimulai sekitar pukul 5 pagi dan berlangsung setidaknya satu jam. Ledakan yang lebih kecil dengan frekuensi yang tidak terlalu sering masih terdengar setelahnya," kata Mohammad Ehsan, dikutip merdeka dari laman Reuters, Senin (291/).


    Juru bicara polisi Kabul mengonfirmasi bahwa memang ada insiden di dalam fasilitas militer dekat akademi tersebut. Namun belum jelas apakah serangan ini dilakukan kelompok teror atau akibat masalah militer internal.


    Ledakan di akademi militer tersebut terjadi beberapa hari setelah bom ambulans di pusat kota meledak dan menewaskan lebih dari 100 orang. Kelompok teroris Taliban, yang secara intens melakukan serangan teror di negara tersebut, mengklaim telah melakukan serangan tersebut.


    Kedatangan Jokowi ke Afghanistan telah dikonfirmasi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung melalui akun media sosial Twitternya. Dia menyatakan Jokowi akan bertolak ke Kabul setelah mengunjungi para pengungsi Rohingya di Cox's Bazar dan memberikan bantuan kemanusiaan atas nama pemerintah Indonesia.


    "Presiden Jokowi sudah di dalam pesawat dari Dhaka menuju Kabul, Afghanistan. Ini merupakan kunjungan setelah Presiden Soekarno pada 1961, kunjungan sebagai kawan," tulisnya.


    Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan Ibu Negara Iriana lepas landas pada pukul 09.20 waktu setempat (WS) atau 10.20 WIB dari Bandara Internasional Hazrat Shahjalal, Dhaka, Bangladesh.


    Kunjungan ke Afghanistan sempat diwarnai kekhawatiran karena terjadinya pengeboman. Namun hal itu tidak mengurungkan niat Presiden Jokowi untuk berkunjung ke Afghanistan.


    Setibanya di Kabul, Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Presiden Arg.


    Di istana ini, Presiden Jokowi akan disambut Presiden Ashraf Ghani untuk selanjutnya akan mengikuti serangkaian kegiatan kenegaraan, yaitu pembicaraan empat mata, pertemuan bilateral, dan memberikan pernyataan pers bersama.


    Presiden juga akan bertemu dengan High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram Sarai (Wisma Negara). Setelah itu Presiden akan mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden Arg.


    Sore harinya, Presiden akan mengunjungi Istana Darul Aman yang juga menjadi agenda penutup kunjungan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana ke Afghanistan.


    Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan akan kembali ke Tanah Air.


    Turut menyertai Presiden dan Ibu Negara Iriana dalam penerbangan menuju Afghanistan, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono. (Yuen)




     
    Berita Lainnya :
  • Jelang kedatangan Jokowi, Rentetan Ledakan Terjadi di Kabul
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Dikukuhkan Tak Lama Lagi
    Pengurus ‘Satupena’ Diumumkan, Banyak Tokoh Ternama
    2 Pemko Pekanbaru Usulkan 182 Keluarga Miskin Terima Bantuan Pusat
    3 Bulan Puasa Semua Aktivitas ASN Berjalan Lancar
    4 506 Pegawai Pensiun, Pemprov Riau akan Terima 375 CPNS
    5 Sepuluh Sastrawan ‘Napak Tilas’ Melayu Champa Sepekan di Vietnam
    6 Menguak Motif di Balik Tewasnya Pegawai BNN di Bogor
    7 PT RAPP Gelar Buka Bersama Para Stakeholder.
    PT RAPP Harus Memberi Manfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan
    8 Polantas Berikan E-Tilang
    Puluhan Kendaraan Terjaring Razia
    9 Sosok Rektor UIR periode 2017-2021
    Prof. Syafrinaldi, Pribadi Bersahaja yang Mengukir Banyak Prestasi
    10 Kampar Siap Dukung Bupati Siak Membangun Riau Lebih Maju
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved