www.tirastimes.com
Jum'at, 04 Desember 2020
 
Tulisan telah dibaca sebanyak: kali
Event Fashion Show KFDI (Kadin Fashion Designer of Indonesia)
'Mumbang Nipah in Lontiok' busana hasil rancangan HldDpzl tampil di Event KFDI.
Sabtu, 31-10-2020 - 14:21:27 WIB
Foto : Busana "Mumbang Nipah in Lontiok" hasil rancangan HldDpzl 

TERKAIT:
 
  • 'Mumbang Nipah in Lontiok' busana hasil rancangan HldDpzl tampil di Event KFDI.
  •  

    PEKANBARU - TIRASTIMES || Hilda alias HldDpzl adalah Desainer muda berbakat asal Riau, menampilkan hasil karya Rancangan Busana di sebuah ajang fashion show di Mall SKA pada tanggal 30 Oktober 2020 pada event Fashion Show KFDI (Kadin Fashion Designer of Indonesia) dengan Tema Rona Melayu.


    Foto : MARV NOIR Rancangan HldDpzl


    Ada yang menarik di pada penampilan rancangan busana milik HldDpzl. lebih mengangkat nama budaya di Provinsi Riau Dengan mengambil tema "Mumbang Nipah in Lontiok". Terinspirasi oleh ukiran Melayu "Mumbang Nipah dan Rumah adat Kampar yang disebut "Rumah Lontiok". Masing-masing memiliki filosofi yang sangat penting dalam kehidupan. ungkapnya. 

    Rumah Lontiok memiliki filosofi bahwa masyarakat Kampar percaya bentuk melengkung atap rumah lontiok menjadi simbol penghormatan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa dan terhadap sesama ciptaan Tuhan. Mumbang Nipah memiliki filosofi yang berbunyi :

    "Hiasan bernama Mumbang Nipah 
    Disebut juga Mumbang Beranak
    Sopan santun mengundang berkah
    Mulut dijaga dosa mengelak".

    Maka dengan inspirasi dari dua hal tersebut, dalam desain ini diharapkan terciptanya penghormatan tertinggi kepada Tuhan Sang Pencipta dan juga menjaga hubungan yang baik yang dimulai dari perkataan yang baik dengan sesama ciptaan Tuhan. Karena dengan dekatnya kita terhadap Tuhan, maka kebaikan pun akan selalu bersama kita, disampaikan HldDpzl kepada Tirastimes.

    Tak hanya itu, Penggabungan dua unsur etnik tersebut direalisasikan dalam bentuk Bordir sebagai hiasan pada pakaian yang didesain Dengan menggunakan warna pilihan yaitu warna gelap terang membuat tampilan lebih elegant. Dan disesuaikan dengan warna yang menjadi ciri khas Kampar yaitu hitam, merah dan putih. Desain ini dapat dikenakan untuk acara semi formal bahkan formal. Dan akan menambah keanggunan namun memiliki prinsip dan keunikan tersendiri.

    Untuk Brand Busana yang ditampilkan pada acara tersebut dengan Nama "MARV NOIR" (Mumbang Nipah in Lontiok), cukup unik namanya ungkap Perancang busana sambil tersenyum.