www.tirastimes.com
Senin, 25 Maret 2019
 
'Banda Fiesta 2018' Berakhir, Tahun Depan DigelarTemu Sastra Dunia
Senin, 29-10-2018 - 13:09:06 WIB
Suasana penutupan dan Malim Ghozali
TERKAIT:
 
  • 'Banda Fiesta 2018' Berakhir, Tahun Depan DigelarTemu Sastra Dunia
  •  

    BANDA NAIRA-TIRASTIMES: Ahad malam (27/10) acara Temu Sastra Asia Tenggara 'Banda Fiesta 2018'  yang diikuti puluhan sastrawan lima negara resmi berakhir. Acara penutupan iven sastra yang berlangsung sejak 23 Oktober tersebut dipusatkan di Cafe Ciluk Bintang, Banda Naira.

    Para sastrawan dari Indonesia, Malaysia, Singspura, Thailand dan Brunei Darussalam bersama sejumlah komunitas sastra 'Sabana' (Sastrawan Banda Naira) pimpinan Agung dan para guru menampilkan atraksi baca puisi, musikalisasi, menyanyi dan sebagainya.

    Panitia diwakili Sari Narulita menyampaikan kegembiraannya atas kelancaran rangkaian acara Banda Fiesta 2018. Sekaligus permohonan maaf bila ada kekurangan selama acara berlangsung.

    Advisor PSBNS (Perhimpunan Seni Budaya Negara Serumpun), Dr. Malim Ghozali dari Malaysia  menyampaikan kesan dan pesan. Malim menilai acara telah berlangsung sukses yang memadukan aktivitas sastra, seminar dan diskusi serta kunjungan ke berbagai situs sejarak di Kepulauan Banda sejak zaman VOC, penjajahan Belanda hingga menjelang kemerdekaan Indonesia.

    ''Saya percaya setelah acara ini akan banyak lahir karya sastra dari para sastrawan  yang terinspirasi dari keindahan dan kesejsrahan Banda Naira,'' ujar Malim Ghozali. Usai sambutan, Malim membacakan puisi tentang Banda Naira.

    Senada dengan Malim, sastrawan Singapura, Yatiman Yusof mengungkapkan kesan bahagianya dapat menikmati keindahan Banda dan aktivitas sastra selama acara ini.

    Begitu pula, sastrawan asal Thailand, Dr. Nik Rakib menyatakan sangat tertarik dengan nilai kesejahteraan Banda Naira.

    Ketua PSBNS, Dr. Free Hearthy usai acara penutupan menyampaikan  keberhasilan acara Banda Fiesta 2018 ini telah memutusksn digelarnya iven sastra berskala internasional yakni Temu Sastra Dunia 2019 yang direncanakan digelar pada bulan Juni.

    ''Dukungan para sastrawan lintas negara tentu makin memperkuat tekad dan semangat untuk mewujudkan acara sastra dunia tersebut. Acara akan dipusatkan di Ambon dan Banda,'' kata Bundo Free Heaethy.

    Mrnurut Hearthy, sastrawan Malim Ghozali menjanjikan akan membawa serta 20 peserta dari Malaysia da  negara lain. Begitu pula  Ampuan Berahim dari Brunei juga akan mengajak peserta dari Brunei dalam jumlah yang lebih besar.

    Dalam acara penutupan, tampil membacakan puisi di antaranya Agung dari Sabana, musikalisasi puisi oleh tiga peserta  Indonesia, Herman Syahara, Wahjudi Djaja dan Shinta Miranda. Sedangkan sastrawan asal Riau, Fakhrunnas MA Jabbar dan peserta asal Malaysia, Hisyam  dan sastrawan Brunei Darussalam  Prof. Ampuan Berahim Tengah masing-masing menampilkan lagu dangdut. Semua rangkaian acara dipandu dengan penuh semangat oleh sastrawan asal Banten, Mhhammad Rois Rinaldi.

    Kesan-kesan para peserta tentang Banda Fiesta 2018 sangat positif sehingga acara semacam terus dapat dilanjutkan. Hal ini diungkapkan oleh peserta asal Brunei yang lain, Pg Muhammed Damit, Dr. Husnu Abadi dari Riau dan sastrawan Singapura, Rohani Din. (ns)






     
    Berita Lainnya :
  • 'Banda Fiesta 2018' Berakhir, Tahun Depan DigelarTemu Sastra Dunia
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Pompong Tenggelam di Rohul, 1 Penumpang Tewas
    2 Di Daerah Ini, Merokok Sembarangan Bakal Didenda Rp 5 Juta
    3 Bawaslu Temukan Ribuan Surat Suara Rusak
    4 Malam Tahun Baru, Akan Ada Car Free Night di Pekanbaru
    5 APBD Meranti Tahun 2019 Disahkan Rp1.4 Triliun
    6 Imam Masjid Istiqlal Ungkap Pernikahan Syahrini dan Reino Barack di Jepang
    7 MTQ Tingkat Kecamatan Tampan Digelar 3-4 Maret
    8 Polri Petakan Wilayah Rawan Selama Pilpres dan Pileg 2019
    9 Jokowi Kunjungi Riau 8 Desember?
    10 Buku Puisi Bunatin Karya Dheni Kurnia Dibedah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved