www.tirastimes.com
Rabu, 12 Desember 2018
 
Dua Sastrawan Riau Turut Diundang
Festival Puisi dan Lagu Rakyat Antarabangsa (Pulara) 2018 Semakin Mendunia
Minggu, 11-11-2018 - 13:33:59 WIB
Ka-ki: Malim, Menteri Besar, Husnu, Fakhrunnas bersama,Malim
TERKAIT:
 
  • Festival Puisi dan Lagu Rakyat Antarabangsa (Pulara) 2018 Semakin Mendunia
  •  

    KUALA LUMPUR-TIRASTIMES: Festival Puisi dan Lagu Rakyat Antarabangsa (Pulara) yang kesembilan rahun 2018 ini mengambil tema 'Pulara Mendunia.' Para seniman dan sastrawan berjumlah sekitar 500 orang berasal dari 28 negara di antaranya Brunei, China, Singapura, Korea Selatan, Turki, Indonesia, Amerika Serikat, Prancis.  Belanda dan sebagainya.

    Dua sastrawan Riau yakni Dr. Husnu Abadi dan Fakhrunnas MA Jabbar turut diundang pada Pulara tahun ini. Kedua sastrawan sudah menerima undangan acara sastra yang digelar 28 November sampai 2 Desember 2018. Selain itu sejumlah sastrawan Indonesia lainnya turut ambil bagian di antaranya Dr. Gree Hearthy dan Dr. Sunu Wasono. Semua rangkaian acara dilaksanskan  di Ipoh. Perak -sekitar 2,5 jam naik bus dari Kuala Lumpur, Malaysia. diharap dapat melibatkan penyertaan dalam kalangan pelajar sekolah.

    Pengarah Pulara IX, Dr. Mohd. Ghazali Abdul Rashid yang akrab dikenal dengan nama pena Malim Ghozali PK dalam perbincangan khas dengan Tirastimes.com di Kuala Lumpur, Sabtu (20/11) mengatakan  festival kali ini akan mengetengahkan tema 'Pulara Mendunia'  sebagai bukti tahap serius  memartabatkan seni dan budaya di negara ini.

    Menurut Malim Ghozali, ada tiga komponen rangkaian kegiatan bersempena dengan Pulara kali ini yakni puisi dan lagu rakyat, persidangan seminar dan diskusi mengenai  Bahasa dan Persuratan Melayu Merentasi Zaman dan penganugerahan Hadiah Sastera Darul Ridzuan bagi para saatrawan berprestasi.

    “Dalam  acara Pulara kali ini peserta juga akan dibawa berwisara budaya di bandar Kuala Kangsar dan mengadakan bacaan puisi, persembahan kebudayaan di Lata Kinjang, Kampung Karyawan Malim di Kampar selain persembahan Budaya Nusantara yang dijangka diadakan di Dataran Amanjaya,” kata sastrawan yang karya-karya berupa novel sudah diterjemahkan ke dalam enam bahasa dunia.

    Menurut Malim, Pulara tahun ini agak berbeda dalam hal pembiayaannya. Oleh sebab bagi peserta undangan dari mancanegara harus membayar participant fee sebesar USD 750 yang mendapatkan fasilitas hotel 5 hari 4 malam dan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

    Sementara Menteri Besar Perak  Ahmad Faizal Azumu sebagaimana dikutip dari Perak Today mengatakan, kegiatan Pulara IX ini diharapkan dapat melibatkan para pelajar sekolah di kawasan itu. Okeh sebab itu, festival ini  diharap mampu memberikan pencerahan  kepada pelajar mengenai dunia kesusasteraan.

    “Saya mencadangkan penyertaan peserta melibatkan pelajar sekolah dan penganjur disaran supaya menyediakan hadiah penulisan pada peringkat sekolah supaya dapat membangkitkan minat dan  bakat mereka sejak sekarang,''  kata Menteri Besar.

    “Pihak festival disaran agar memberi pendedahan mengenai kesusasteraan kepada anak muda yang belum fasih,” katanya.

    Sementara itu, sastrawan Husnu Abadi menyatakan kesiapannya untuk menghadiri Pulara IX bersama Fakhrunnas MA Jabbar.

    ''Kami sudah lama berminat menghadiri Pulara yang dikenal juga dengan Festival Pangkor. Namun baru kali ini kami dapat kesempatan. Disayangkan, waktunya bersamaan pula dengan Festival Gunung Bintan di Tanjungpinang yang digagas Datuk Seri Rida K. Liamsi. Ya, kami berdua tak dapat hadir dan kami sudah menyampaikan permohonan maaf tak turut serta kali ini,'' kata Husnu Abadi. (ns)



     
    Berita Lainnya :
  • Festival Puisi dan Lagu Rakyat Antarabangsa (Pulara) 2018 Semakin Mendunia
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Dikukuhkan Tak Lama Lagi
    Pengurus ‘Satupena’ Diumumkan, Banyak Tokoh Ternama
    2 Pemko Pekanbaru Usulkan 182 Keluarga Miskin Terima Bantuan Pusat
    3 Bulan Puasa Semua Aktivitas ASN Berjalan Lancar
    4 506 Pegawai Pensiun, Pemprov Riau akan Terima 375 CPNS
    5 Sepuluh Sastrawan ‘Napak Tilas’ Melayu Champa Sepekan di Vietnam
    6 Menguak Motif di Balik Tewasnya Pegawai BNN di Bogor
    7 PT RAPP Gelar Buka Bersama Para Stakeholder.
    PT RAPP Harus Memberi Manfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan
    8 Sosok Rektor UIR periode 2017-2021
    Prof. Syafrinaldi, Pribadi Bersahaja yang Mengukir Banyak Prestasi
    9 Polantas Berikan E-Tilang
    Puluhan Kendaraan Terjaring Razia
    10 Kampar Siap Dukung Bupati Siak Membangun Riau Lebih Maju
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved