www.tirastimes.com
Rabu, 13 Desember 2017
 
Seminar Kebudayaan Melayu se Asia Pasifik, Mengayuh Budaya Melayu Menuju Negeri Maju
Rabu, 06-12-2017 - 21:11:40 WIB

TERKAIT:
 
  • Seminar Kebudayaan Melayu se Asia Pasifik, Mengayuh Budaya Melayu Menuju Negeri Maju
  •  

    PEKANBARU, WWW.TIRASTIMES.COM: Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) memiliki tugas dan fungsi  yang satu di antaranya menyelenggarakan forum-forum peningkatan apresiasi, literasi, dan internalisasi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal pada tingkat regional dan negara-negara serumpun. Hal ini disampaikan Kadisbud Provinsi Riau, Tuan Yoserizal Zen pada laporan saat pembukaan Seminar Kebudayaan Melayu se- Asia Pasifik, hari Rabu (6 Desember 2017) di Hotel Arya Duta, Jalan Diponegoro 34.

    Seminar bertajuk “Mengayuh Budaya Melayu Menuju Negeri Maju” itu, dibuka oleh Wakil Gubernur Riau, YB Datuk Seri Wan Thamrin Hasyim. Ditegaskan Wagubri, Riau sebagai tumpah darah sejati Melayu memiliki peran strategis memajukan kebudayaan Melayu. Disbud Riau tidak hanya bertugas memacu perwujudan visi Riau 2020, tapi juga menjalin hubungan dengan negeri-negeri Melayu se- Dunia untuk membangkitkan kembali  jati diri atau identitas Melayu sebagai bangsa.

    Sejumlah nara sumber akan menyampaikan paparan. Paparan pertama disampaikan oleh Direktur Sejarah Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Puan Dra. Triana Wulandari, M.Si., dengan judul “Posisi Riau Sebagai Pusat Kebudayaan Melayu” yang dipandu Tuan G P Ade Darmawi. Setelah ishomasi (istirahat sholat dan makan siang) “Keserumpunan dan Keserantauan: Jejak dan Jejaring Melayu di Asia Pasifik” disampaikan oleh YB Tuan Datuk Zainal Abidin Borhan, Ketua I Gabungan Persatuan Penulis Nasional (Gapena), Malaysia.

    Pemakalah lainnya, Ketua Umum MKA LAM Riau, YB Datuk Seri H. Drs. Alazhar M.A.: “Antara Omerus dan Panglimo Awang); YB Prof. Dr. Mukhtar Ahmad, M.Sc., “Budaya Melayu dalam Teknologi Perkapalan di Asia Pasifik”; YB Dr. Elmustian Rahman – dosen FKIP UNRI, “Riau Tanah Air Kebudayaan Melayu”; YB Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A.,M.Phil – Guru Besar Antropologi Budaya FIB UGM, Jogyakarta, “Pluralitas Kemelayuan di Asia Pasifik”; YB Puan Prof.Dr. Pudentia Maria Purenti Sri Sunarti (MPSS) ,M.A., - Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Indonesia, “Tradisi Lisan dalam Kebudayaan Melayu; Purek I Unilak, Tuan Dr. Junaidi, S.S., M.hum.,  “Peranan dan Tantangan Perguruan Tinggi dalam Pemajuan Kebudayaan Melayu”; Praktisi Pers dan Sastrawan-Budayawan, YB Datuk Seri Lela Budaya Rida K Liamsi “Media Masa Sebagai Produk Kebudayaan (Beberapa Pokok Pemikiran)”, dan Setia Usaha Agung MKA LAM Riau Provinsi – Sastrawan-Budayawan, YB Datuk Drs. Taufik Ikram Jamil, M.I.Kom., “Tersebab Media: Becermin pada Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendi”.

    "Peserta seminar yang berlangsung hingga esok, dan insyAllah ditutup Kamis malam," ujar Tuan Derichard  H. Putra diikuti 100 orang peserta. Mereka selain dari Riau, juga Lampung, Aceh, bahkan dari Kabupaten Barito – Kalimantan Tengah  (yang akan menampilkan seni pada malam penutupan), serta dari Negara tetangga Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand.***(Fit).


     
    LIKE FANSPAGE: Tirastimes atau klik link ini



     
    Berita Lainnya :
  • Seminar Kebudayaan Melayu se Asia Pasifik, Mengayuh Budaya Melayu Menuju Negeri Maju
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Bulan Puasa Semua Aktivitas ASN Berjalan Lancar
    2 Dikukuhkan Tak Lama Lagi
    Pengurus ‘Satupena’ Diumumkan, Banyak Tokoh Ternama
    3 Kampar Siap Dukung Bupati Siak Membangun Riau Lebih Maju
    4 Menguak Motif di Balik Tewasnya Pegawai BNN di Bogor
    5 PT RAPP Gelar Buka Bersama Para Stakeholder.
    PT RAPP Harus Memberi Manfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan
    6 Polantas Berikan E-Tilang
    Puluhan Kendaraan Terjaring Razia
    7 Mengapa Muslim Rohingya Dibantai Militer Myanmar? Ini Akar Persoalannya.
    8 Sepuluh Sastrawan ‘Napak Tilas’ Melayu Champa Sepekan di Vietnam
    9 Sosok Rektor UIR periode 2017-2021
    Prof. Syafrinaldi, Pribadi Bersahaja yang Mengukir Banyak Prestasi
    10 In Memorium Wartawan Senior, H. Mulyadi:
    Dia Pergi dengan Semangat Jurnalistik Tak Pernah Padam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved