www.tirastimes.com
Minggu, 18 08 2019
 
Oleh: Fakhrunnas MA Jabbar
Filosofi RGE ''Berguna Bagi Masyarakat
Senin, 05-11-2018 - 20:14:38 WIB
Fakhrunnas MA Jabbar
TERKAIT:
 
  • Filosofi RGE ''Berguna Bagi Masyarakat
  •  

     TAK dapat dinafikan, keberadaan PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) d Riau sejak berdiri hingga sekarang telah banyak memberi manfaat. Tidak saja bagi kepentingan bisnisnya sendiri, tapi  juga berkontribusi besar terhadap daerah Riau  dan negara.

     RAPP merupakan unit operasional dari APRIL Group yang dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas terbesar di Asia Tenggara dan terkemuka di dunia. Berdasarkan data, dalam satu tahun, perusahaan ini mampu memproduksi pulp 2,8 juta ton dan kertas 850 ribu ton.

    Perusahaan yang berada di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau ini mengelola lahan HTI seluas 476 ribu hektare yang ditanami pohon akasia sebagai bahan baku. Untuk mengelola PT RAPP bekerja sama dengan 40 mitra pemasok jangka panjang. Hal ini sudah mampu memenuhi sekitar 79 persen dari kebutuhan fiber totalnya.

    RAPP sudah beroperasi di Riau sejak  1995. Saat itu, pembangunan hutan tanaman industri dan pabrik mulai diikerjakan. Setahun kemudian mereka akhirnya mampu memproduksi pulp. Dan empat tahun berikutnya menyusui produksi kertas.

    Dalam rentang   waktu tersebut, banyak kontribusi yang diberikan. Dalam kapasitas sebagai industri, RAPP telah memberi efek domino dengan menggerakkan roda perekonomian Riau. Dengan menyerap dan membuka kesempatan kerja, khususnya bagi warga lokal yang mendapat efek menetes (trickle down effect) untuk  penghidupan masyarakat.

    Tidak hanya itu, kontribusi PT RAPP  memang memberi dampak positif yang signifikan bagi Indonesia.

    Hasil kajian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) tahun 2014, yang meneliti kontribusi RAPP bagi Indonesia. Hasilnya keberadaan RAPP mampu membantu peningkatan perekonomian.

    Dalam kurun waktu 15 tahun sejak 1999 hingga 2014, Riau Andalan Pulp and Paper sudah berkontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar Rp557 triliun. Nilai itu berasal dari berbagai sektor mulai dari penerimaan pajak, pembukaan lapangan kerja, serta hasil penerimaan non pajak.

    Terkait sektor penerimaan misalnya, RAPP dicatat sudah menyumbang dana senilai Rp2,45 triliun sejak beroperasi pada 1999. Jumlah itu berasal dari penerimaan pajak dan non pajak.

    Sedangkan untuk pajak, RAPP tercatat mampu menyumbang hingga Rp1,92 triliun. Jumlah itu masih ditambah dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp530 miliar. Nilai tersebut diperoleh antara 1999 hingga 2014. Tentu saja jumlah itu semakin bertambah hingga saat ini.

    Tidak hanya pemerintah pusat saja yang memperoleh keuntungan dari keberadaan RAPP. Tapi juga Pemerintah Riau. Hasil  LPEM UI menyebutkan PT RAPP menyumbangkan  penerimaan tambahan hingga Rp758,59 miliar sepanjang 1999 hingga 2014.

    Secara rinci, penerimaan itu terbagi menjadi tiga sektor besar. Pertama adalah pos Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam sebesar Rp365,40 miliar. Selanjutnya ialah Pendapatan Asli Daerah Rp176,59 miliar dan Dana Bagi Hasil Pajak mencapai Rp119,97 miliar pada periode tersebut. Sisa dana Rp96,63 berasal dari berbagai sektor lain.

    Dari kondisi tersebut, RAPP sebagai perusahaan yang beroperasi di bumi Lancang Kuning, tentu merasa bangga terhadap kontribusi besar yang mereka hasilkan. Dan atas pencapaian tersebut membuat bersemangat untuk tetap memberi manfaat besar kedepan nya.

    Tentu saja diharapkan,  sumbangan besar perusahaan ini menjadi modal untuk memajukan daerah maupun bangsa. Tentunya, negara jadi terbantu ketika hendak melakukan pembangunan di segala sektor. Dan pada akhirnya rakyat akan menikmati. Sebab, sejatinya pembangunan harus bisa

    Keberadaan RAPP ternyata bukan hanya memberikan manfaat bagi negara. Namun masyarakat  Riau juga ikut merasakan. Setidaknya melalui kesempatan kerja.

    Berdasarkan hasil penelitian yang sama membuktikan bahwa RAPP telah membuka banyak kesempatan kerja. Dan secara nasional, RAPP berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja kurang lebih 85.000 orang per tahun. Jika ditotal sejak 1999 hingga 2014, tersedia peluang kerja untuk 1,275 juta orang.

    Dari jumlah lapangan kerja per tahun tersebut, sebagian besar ada di  Riau:  sekitar 65 ribu atau mencapai 85 persen.

    Sebagai gambaran, pada tahun 2000, PT RAPP berhasil membuka kesempatan kerja untuk 42 ribu orang di Provinsi Riau. Jumlah itu meningkat menjadi 59 ribu pada 2010 dan melonjak ke angka 58 ribu pada 2014.

    Jumlah kesempatan kerja yang muncul semakin bertambah jika ditambah dengan peluang kerja tak langsung. Dan saat ini membuka kesempatan kerja tidak langsung untuk 11.200 kontraktor.

    Masih berdasarkan kajian LPEM UI, keberadaan PT RAPP di Riau mampu berkontribusi signifikan terhadap perekonomian masyarakat. Sejak 1999 hingga 2014, RAPP telah berkontribusi dalam pembentukan output terhadap perekononomian nasional senilai Rp557 triliun. Dari jumlah itu, Rp498 triliun atau 89,5 persennya berada di Riau.

    Tentu, bagi Provinsi Riau, itu adalah jumlah yang signifikan. Apalagi dilihat dari dampak output tersebut setara dengan 7,4 persen dari total output Riau termasuk migas. Namun, nilainya meningkat menjadi sembilan persen jika dihitung dari output Riau minus migas.

    Itu belum lagi kalau dilihat dampak terhadap pendapatan rumah tangga di Riau. Dari total yang dihasilkan, sebanyak 5,4 persen diantaranya berasal dari RAPP. Jumlah ini terbilang cukup besar untuk ukuran sumbangan dari satu perusahaan.

    Semua kontribusi ini memperlihatkan bahwa RAPP terbukti mampu dan berhasil memberi manfaat kepada berbagai pihak yang selaras dengan filosofi bisnis induk perusahaan: Royal Golden Eagle (RGE).

    Pendirinya Sukanto Tanoto, RGE diwajibkan berguna bagi pihak lain mulai dari pelanggannya, masyarakat, hingga negara. Kontribusi positif terhadap negara merupakan wujud nyata. Dan hal ini sudah diibuktikan RAPP lewat ragam kontribusi.

    Kita patut berbangga, khususnya Riau, masih ada perusahaan yang sejak berdiri hingga sekarang tetap menunjukkan komitmen nya dalam mendukung program pembangunan baik daerah maupun nasional. Semoga kedepannya, RAPP tidak berhenti bermotivasi dan berinovasi untuk kepentingan bersama.



     
    Berita Lainnya :
  • Filosofi RGE ''Berguna Bagi Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Ikatan Mahasiswa Siak di Jogja Komit Promosikan Budaya Daerah
    2 Meriahnya Kampung Toga dari Mempura
    3 GenRe Educamp 2019 Upaya BKKBN Hadapi Permasalahan Remaja
    4 Pompong Tenggelam di Rohul, 1 Penumpang Tewas
    5 Gubri jadi Tamu Istimewa di MTQ Ke XVII Kecamatan Tualang
    6 292 CJH Pekanbaru Belum Lunasi BPIH Tahap Pertama
    7 Sudah 147 Usaha di Pekanbaru Urus Izin Restoran dan Rumah Makan Non Muslim
    8 Naik Helikopter, Alfedri Pantau Karhutla di Rawang Air Putih dan Tasik Betung
    9 Sekda Siak Sebut Bapekam Mesti Paham Tupoksi
    10 Silat Serunting 12 Pukau Pengunjung Pawai FPN
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved