www.tirastimes.com
Selasa, 21 Mei 2019
 
Oleh: Fakhrunnas MA Jabbar
RAPP dan Edukasi Hutan Kepada Generasi Muda
Rabu, 28-02-2018 - 19:14:01 WIB
Fakhrunnas MA Jabbar
TERKAIT:
 
  • RAPP dan Edukasi Hutan Kepada Generasi Muda
  •  

    Hutan Indonesia merupakan hutan yang menduduki urutan ketiga terluas di dunia dengan hutatropis dan sumbangan dari hutan hujan (rain forest) Kalimantan dan Papua. Menurut data Forest Watch Indonesia (FWI), sebuah lembaga independen pemantau hutan Indonesia, sejumlah 82 hektare luas daratan Indonesia masih tertutup hutan.

    Ini merupakan satu prestasi membanggakan mengingat hutan merupakan salah satu pendukung yang sangat penting bagi keseimbangan alam.  Hutan tropis di Indonesia menyimpan banyak potensi energi mikrobiologi yang sangat diperlukan dunia.

    Senior Advisor for Terresterial Policy, The Nature Conservancy, Wahjudi Wardoyo mengatakan energi mikrobiologi sebagai generasi kedua dan ketiga sumber energi di dunia. Energi mikrobiologi hanya dapat ditemukan di hutan hujan tropis dan keanekaragaman hayati.

    Melihat betapa pentingnya hutan bagi masa depan, namun betapa memprihatinkan mengingat laju kehilangan hutan di Indonesia begitu cepat. Data kehilangan tutupan pohon tahun 2015 yang diolah oleh Laboratorium Global Land Analysis & Discovery (GLAD) dari Universitas Maryland, menunjukkan bahwa kehilangan tutupan pohon di Indonesia tetap tinggi antara tahun 2001 dan 2015.

    Hutan Indonesia termasuk salah satu yang terluas di dunia. Dikenal sebagai paru-paru dunia, hutan ini harus dijaga sebaik mungkin demi kelangsungan masa depan bangsa.

    PT RAPP sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang HTI untuk memproduksi bubur kertas terbesar di Asia Tenggara adalah salah satu yang telah memberi perhatian dan komitmen terhadap pelestarian hutan khususnya di Riau.

     Salah satunya melalui kegiatan memperkenalkan pesona hutan Indonesia sejak dini bagi para generasi muda atau The Fascinating World of Forestry (TFWoF) Programne. Melalui program TFWoF akan memperkenalkan dan memberikan pengalaman langsung kepada para pelajar tentang dunia kehutanan.

    Program yang dimulai sejak tahun 2015 lalu, digagas oleh Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group. Dan hingga tahun 2017, TFWoF telah diikuti sebanyak 700 siswa dari 12 sekolah dan Perguruan Tinggi di Jakarta.

    Director of Corporate Affairs APRIL, Agung Laksamana, menjelaskan program ini ditujukan bagi generasi muda atau pelajar untuk memperkenalkan dunia kehutanan dengan pengelolaan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

    Sederetan kegiatan TFWoF di antaranya, School Visit atau kunjungan ke sekolah atau perguruan tinggi. Dalam kunjungan ini juga digelar diskusi dengan mengundang pembicara ahli di bidang kehutanan. Salah satu topik penting yang dibahas yakni pengelolaan hutan secara bertanggung jawab dan kolaborasi dengan masyarakat setempat.

    Selain itu, TFWoF juga mengajak para pelajar tersebut berkunjung langsung ke lapangan (Fieldtrip). Salah satunya melihat penerapan praktik terbaik (best practice) dalam pengelolaan hutan tanaman, mulai dari Pembibitan (Nursery) hingga Produksi. Dalam Fieldtrip tersebut para peserta dapat mengetahui langsung proses pembuatan bubur kertas (pulp) dan kertas di pabrik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang terletak di Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

    Diharapkan selama mengikuti program TFWoF ini, dapat menambah wawasan para generasi muda, tentang pentingnya menjaga hutan dari berbagai ancaman deforestasi, di antaranya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Pertambangan Liar (Illegal Mining), Perambahan atau Pembalakan Liar (Illegal Logging), dan sebagainya demi kemajuan bangsa di bidang kehutanan dan lingkungan.

    Komitmen kuat RAPP menekan lajunya kerusakan hutan patut diapresiasi dan bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya yang ada di Riau khususnya yang bergerak dalam industri kertas.**

     



     
    Berita Lainnya :
  • RAPP dan Edukasi Hutan Kepada Generasi Muda
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Ikatan Mahasiswa Siak di Jogja Komit Promosikan Budaya Daerah
    2 Meriahnya Kampung Toga dari Mempura
    3 Pompong Tenggelam di Rohul, 1 Penumpang Tewas
    4 Gubri jadi Tamu Istimewa di MTQ Ke XVII Kecamatan Tualang
    5 292 CJH Pekanbaru Belum Lunasi BPIH Tahap Pertama
    6 Sudah 147 Usaha di Pekanbaru Urus Izin Restoran dan Rumah Makan Non Muslim
    7 Sekda Siak Sebut Bapekam Mesti Paham Tupoksi
    8 Jelang Pemilu Serentak 2019, ASN Harus Netral
    9 Tujuh Kali Raih Predikat WTP, Siak jadi Contoh Bagi SPI-PTN
    10 Wawako Nyoblos Bersama Keluarga
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved