www.tirastimes.com
Minggu, 20 Januari 2019
 
Pekan Ini Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia
Rabu, 05-09-2018 - 15:45:20 WIB

TERKAIT:
 
  • Pekan Ini Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia
  •  

    TIRASTIMES - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat. Sejumlah wilayah Indonesia dalam periode tiga hari ke depan diperkirakan akan banyak terjadi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

    "Antara Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, di Kantor BMKG, Jakarta, Selasa (4/9/18).

    Berdasarkan pengamatan BMKG, terdapat aktivitas MJO (Madden Jullian Oscillation) atau massa udara basah dan fenomena gelombang atmosfer. Dwikorita mengungkapkan, kondisi diperkuat dengan adanya pelemahan pusat tekanan tinggi di wilayah Australia yang mengakibatkan dorongan massa udara kering dan dingin sampai ke Indonesia. Hal itu membuat udara di Indonesia khususnya bagian selatan ekuator menjadi lebih lembab.

    "Kondisi ini menyebabkan terjadinya potensi pertumbuhan awan hujan untuk tujuh hari ke depan semakin meningkat di wilayah Riau, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jabodetabek, Kalteng Kalbar, Kaltara, Maluku dan Papua," ujarnya dilansir antara.

    Sementara itu, masyarakat pesisir dan para nelayan diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi 2,5-4,0 meter hingga tujuh hari ke depan di perairan Bengkulu hingga Bandar Lampung, perairan selatan Banten, Samudra Hindia, Barat Bengkulu, hingga Lampung. Gelombang tinggi 1,25-2,5 meter atau kategori waspada dan bahkan berpeluang mencapai 2,5-4,0 meter atau kategori berbahaya diperkirakan terjadi pada September sampai Desember.

    Menurutnya, datangnya musim hujan di sejumlah wilayah perlu mewaspadai curah hujan yang tinggi. "Wilayah yang rentan terhadap bencana curah hujan yang tinggi, seperti banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang dan juga puting beliung," ungkapnya.(yuen)



     
    Berita Lainnya :
  • Pekan Ini Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Di Daerah Ini, Merokok Sembarangan Bakal Didenda Rp 5 Juta
    2 Malam Tahun Baru, Akan Ada Car Free Night di Pekanbaru
    3 APBD Meranti Tahun 2019 Disahkan Rp1.4 Triliun
    4 Jokowi Kunjungi Riau 8 Desember?
    5 Tiga Amal Saleh ini Paling Dicintai Allah
    6 Siap-siap, Besok Daerah-daerah Ini Alami Pemadaman Listrik Bergilir
    7 Harga Bawang Merah di Pekanbaru Meroket
    8 APBD Riau 2019 Disahkan Ro9,185 Triliun
    9 Pembangunan Pasar Sukaramai Sudah 43 Persen
    10 Bos TV Iran Dipecat karena Siarkan Adegan Jackie Chan Sedang Bercinta
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved