www.tirastimes.com
Senin, 22 Oktober 2018
 
Petugas Kebersihan Mogok, Hakim di Malaysia Bersihkan Toilet Seorang Diri
Sabtu, 28-07-2018 - 18:04:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Petugas Kebersihan Mogok, Hakim di Malaysia Bersihkan Toilet Seorang Diri
  •  

    Hakim di Malaysia terpaksa membersihkan toilet sendiri selama beberapa pekan terakhir karena petugas kebersihan di kantornya mogok kerja.

    Para petugas kebersihan itu mengklaim tidak dibayar oleh kontraktor sejak bulan Ramadhan lalu sehingga memutuskan untuk mogok kerja. Agar pekerjaan tak terbengkalai, Hakim Agung Tan Sri Richard Malanjum pun memutuskan untuk mengerjakannya sendiri.

    Selain itu, hakim Tan Sri juga mengajak staf lain ikut gotong royong membersihkan kompleks pengadilan selama petugas kebersihan melakukan mogok kerja.

    "Di pengadilan, para staf membersihkan ruang sidang dan koridor selama beberapa pekan. Sementara saya harus membersihkan toilet. Bayangkan harus membersihkan toilet padahal saya tidak pernah melakukannya di rumah selama beberapa tahun," ujarnya, dikutip merdeka dari Straits Times, Sabtu (28/7).

    "Saya berencana membawa asisten rumah tangga ke pengadilan untuk membersihkan ruangan saya, tetapi saya perlu membayar ekstra kepada ART jika dia mengerjakannya," tambahnya dengan gusar.

    Dia menjelaskan, pemerintah sudah membayar kontraktor dan layanan kebersihan untuk menjalankan tugas sampai akhir tahun ini. Namun tampaknya dana tersebut tidak diberikan kepada para petugas kebersihan.

    Meski hakim dan para staf telah menyisihkan waktu untuk menggantikan tugas para petugas kebersihan, namun hal itu tidak cukup mengingat mereka juga punya pekerjaan lain. Situasi ini benar-benar membuat mereka cukup kewalahan.

    "Ada banyak dokumen dan kertas yang perlu dirapikan di sini. Ruang pengadilan juga kotor. Saya merasa seperti berada di kandang ayam," ungkapnya.

    Hal senada juga diungkapkan oleh pengacara senior di pengadilan. Dia menyebut kondisi kebersihan di sekitar pengadilan sangat menyedihkan, terutama ada toilet yang tidak berfungsi.

    "Beberapa toilet tidak memiliki pencahayaan sehingga penggunanya harus gela-gelapan. Pipa di toilet pria juga pecah dan basah mengenai lantai. Jika ada pengguna tidak hati-hati, hal ini bisa menimbulkan kecelakaan," paparnya.

    "Belum lagi bau yang berasal dari toilet. Jika ini dibiarkan, saya takut pengunjung dari administrasi pengadilan baik yang lokal maupun asing akan memberikan kesan negatif," lanjutnya. (yuen)




     
    Berita Lainnya :
  • Petugas Kebersihan Mogok, Hakim di Malaysia Bersihkan Toilet Seorang Diri
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Dikukuhkan Tak Lama Lagi
    Pengurus ‘Satupena’ Diumumkan, Banyak Tokoh Ternama
    2 Pemko Pekanbaru Usulkan 182 Keluarga Miskin Terima Bantuan Pusat
    3 Bulan Puasa Semua Aktivitas ASN Berjalan Lancar
    4 506 Pegawai Pensiun, Pemprov Riau akan Terima 375 CPNS
    5 Sepuluh Sastrawan ‘Napak Tilas’ Melayu Champa Sepekan di Vietnam
    6 Menguak Motif di Balik Tewasnya Pegawai BNN di Bogor
    7 PT RAPP Gelar Buka Bersama Para Stakeholder.
    PT RAPP Harus Memberi Manfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan
    8 Polantas Berikan E-Tilang
    Puluhan Kendaraan Terjaring Razia
    9 Sosok Rektor UIR periode 2017-2021
    Prof. Syafrinaldi, Pribadi Bersahaja yang Mengukir Banyak Prestasi
    10 Kampar Siap Dukung Bupati Siak Membangun Riau Lebih Maju
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved