www.tirastimes.com
Selasa, 21 Mei 2019
 
UIR Tuan Rumah Pertemuan Nasional Workshop Pengembangan Prodi dan Perumusan Kurikulum IP
Selasa, 07-08-2018 - 09:27:20 WIB

TERKAIT:
 
  • UIR Tuan Rumah Pertemuan Nasional Workshop Pengembangan Prodi dan Perumusan Kurikulum IP
  •  

    PEKANBARU,tirastimes - Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (KAPSIPI) menunjuk Magister Ilmu Pemetintahan Universitas Islam Riau sebagai tuan rumah Pertemuan Nasional Workshop Pengembangan Program Studi dan Perumusan Kurikulum Nasional Magister Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia.

    Pertemuan yang berlangsung 9-10 Agustus di Auditorium Pascasarjana itu diselenggarakan UIR bekerjasama dengan KAPSIPI. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Dr. H. Rahyunir Rauf, M.Si, dua orang Guru Besar Ilmu Pemerintahan akan menjadi nara sunber dalam pertemuan penting dan bersejarah itu. Keduanya adalah Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, MA selaku Ketua Umum KAPSIPI dan Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS (Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

    Utang Suwaryo akan memberi pandangan seputar 'Pengembangan Ilmu Pemerintahan Melalui Penguatan Program Magister Ilmu Pemerintahan dan Program Doktor (Pascasarjana). Sementara Sadu Wasistiono berbicara tentang 'Perumusan Capaian Pembelajaran dan Kurikulum Nasional Magister Ilmu Pemerintahan'. Di luar kedua materi itu, Ketua Prodi Magister Ilmu Pemerintahan UIR, Dr. H. Rahyunir Rauf juga akan sharing 'Pengembangan Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan.

    ''Kegiatan ini bertujuan memajukan dan mengembangkam Prodi Ilmu Pemerintahan agar berkontribusi pada bidang Ilmu Pemerintahan bagi pengembangan masyarakat, bangsa dan negara. KAPSIPI juga ingin berkontribusi pada penyelenggaraan pemerintahan dan kepemerintahan di Indonesia. Memberi legalisasi pada kurikulum untuk capaian pembelajaran Prodi Ilmu Pemerintahan,'" kata Rahyunir Rauf didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana Dr. Ranggi Ade Febrian, S.IP., M.Si di Kampus UIR, Selasa pagi (7/8).

    Rahyunir menjelaskan, munculnya gagasan Pertemuan Nasional yang membahas pengembangan Prodi Magister Ilmu Pemerintahan dan perumusan kurikulum, bermula dari kegiatan KAPSIPI di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta pada 20 April lalu. Di kegiatan yang dihadiri 81 peserta ini, mereka sepakat menindak-lanjuti workshop Yogyakarta dengan menggelar pertemuan lanjutan.

    ''UIR juga pernah dipercaya KAPSIPI menjadi tuan rumah International Conference on Democracy Accountability and Governance (ICODAG). Alhamdulillah acaranya berjalan sukses. Pertemuan Nasional akan datang merupakan kegiatan kedua bagi UIR dari KAPSIPI,'' tambah Rahyunir Rauf.

    Dikatakan, direncanakan kegiatan ini tidak hanya diikuti Prodi Magister Ilmu Pemerintahan, akan tetapi juga mengundang seluruh Prodi IP S1 di Indonesia yang berminat membuka Program Magister Ilmu Pemerintahan di universitasnya masing-masing. ''Usai pertemuan panitia akan membawa peserta city tour ke Ulu Kasok Kabupaten Kampar. Menikmati indahnya pemandangan alam sekaligus menyegarkan  fikiran di danau PLTA Koto Panjang,'' ujar Rahyunir Rauf.

    Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L menyambut baik pertemuan nasional itu. Ia mengatakan, dipilihnya UIR sebagai tuan rumah, pertanda baik bagi Program Magister Ilmu Pemerintahan UIR. ''Harapan saya panitia yang sudah di SK kan dapat mempersiapkan acara ini semaksimal mungkin. Beri pelayanan memadai kepada tamu-tamu kita yang akan berkontribusi untuk pengembangan Prodi Ilmu Pemerintahan,'' kata Syafrinaldi.

    Mengacu kepada pengalaman dalam melaksanakan ICODAG, Rektor optimis pertemuan nasional itu bakal sukses. Sukses dari penyelenggaran dan sukses pula dari sasaran yang ingin dihasilkan dari pertemuan tersebut. (yuen) 



     
    Berita Lainnya :
  • UIR Tuan Rumah Pertemuan Nasional Workshop Pengembangan Prodi dan Perumusan Kurikulum IP
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Ikatan Mahasiswa Siak di Jogja Komit Promosikan Budaya Daerah
    2 Meriahnya Kampung Toga dari Mempura
    3 Pompong Tenggelam di Rohul, 1 Penumpang Tewas
    4 Gubri jadi Tamu Istimewa di MTQ Ke XVII Kecamatan Tualang
    5 292 CJH Pekanbaru Belum Lunasi BPIH Tahap Pertama
    6 Sudah 147 Usaha di Pekanbaru Urus Izin Restoran dan Rumah Makan Non Muslim
    7 Sekda Siak Sebut Bapekam Mesti Paham Tupoksi
    8 Jelang Pemilu Serentak 2019, ASN Harus Netral
    9 Tujuh Kali Raih Predikat WTP, Siak jadi Contoh Bagi SPI-PTN
    10 Wawako Nyoblos Bersama Keluarga
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved