www.tirastimes.com
Kamis, 20 Juni 2019
 
KPK Dukung Kementan Bangkitkan Bawang Putih Nasional
Rabu, 10-04-2019 - 14:41:55 WIB

TERKAIT:
 
  • KPK Dukung Kementan Bangkitkan Bawang Putih Nasional
  •  



    TEMANGGUNG, TIRASTIMES.COM-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung upaya Kementerian Pertanian membangkitkan kembali bawang putih nasional. Komoditas ini sudah tertekan selama dua dekade akibat gelontoran bawang putih impor. Hasil supervisi dan kunjungan lapangan KPK menyimpulkan strategi mengonsentrasikan hasil panen bawang putih untuk diproses menjadi benih sebagai langkah yang tepat. Supervisi itu dilakukan Tim Direktorat Litbang Deputi Pencegahan KPK ke Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

    Kepala Satgas Pangan dan Sumber Daya Alam, Direktorat Litbang Deputi Pencegahan KPK, Dedi Hartono, mengatakan KPK akan terus mengawal kebijakan swasembada bawang putih yang dicanangkan pemerintah agar berjalan sesuai koridor. Seluruh mata rantai bisnis bawang putih lokal mulai dari benih, budidaya, penyimpanan hingga pemasaran harus menjadi life cycle yang utuh.  “Tugas kami mengawal dan memastikan program ini sesuai dengan tujuannya", ujar Dedi.

    Pihaknya melihat benih bawang putih di beberapa gudang Temanggung cukup berlimpah. Baik gudang milik penangkar mandiri maupun penangkar mitra importir. Rata-rata terisi penuh calon benih bawang putih.

    Tim Litbang KPK menyoroti jaminan kepastian harga bawang putih di tingkat petani sebagai isu krusial. Petani bawang putih diibaratkan bayi yang baru merangkak. Mereka butuh jaminan harga supaya tetap semangat menanam. “Nah, ini perlu diformulasikan lebih lanjut", ujar Dedi dikutip dari situs republika.co.id, Rabu (10/4).

    Selain harga, Tim Litbang KPK juga menekankan pentingnya akuntabilitas penyelenggara negara dalam melaksanakan pogram mencapai swasembada. Data luas tanam, panen dan produksi harus tersedia dan diperbarui secara berkala.

    Dihubungi terpisah, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementerian Pertanian, Moh Ismail Wahab, menegaskan komitmennya untuk mewujudkan swasembada bawang putih. "Sejak awal program ini diluncurkan, kami intensif menjalin komunikasi dan sinergi dengan KPK maupun aparat penegak hukum lainnya untuk meminimalkan berbagai risiko yang timbul", ujar pria yang akrab disapa Ismail tersebut.

    Kementan meminta agar penangkar benih di sentra-sentra tidak menggunakan aji mumpung, menaikkan harga benih di luar kewajaran. Pihaknya mengingatkan hasil pertemuan antara penangkar dengan perwakilan 16 dinas pertanian sentra bawang putih untuk menjaga harga benih di tingkat yang wajar.

    "Kita sepakat harga benih untuk APBN maksimal Rp 50 ribu per kilogram, sampai titik dalam satu pulau. Harga benih memang harus ditekan supaya daya saing bawang putih lokal makin kompetitif ke depannya", imbuh Ismail. (Nas)



     
    Berita Lainnya :
  • KPK Dukung Kementan Bangkitkan Bawang Putih Nasional
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Meriahnya Kampung Toga dari Mempura
    2 Ikatan Mahasiswa Siak di Jogja Komit Promosikan Budaya Daerah
    3 Pompong Tenggelam di Rohul, 1 Penumpang Tewas
    4 Gubri jadi Tamu Istimewa di MTQ Ke XVII Kecamatan Tualang
    5 292 CJH Pekanbaru Belum Lunasi BPIH Tahap Pertama
    6 Sudah 147 Usaha di Pekanbaru Urus Izin Restoran dan Rumah Makan Non Muslim
    7 Sekda Siak Sebut Bapekam Mesti Paham Tupoksi
    8 Jelang Pemilu Serentak 2019, ASN Harus Netral
    9 Tujuh Kali Raih Predikat WTP, Siak jadi Contoh Bagi SPI-PTN
    10 Wawako Nyoblos Bersama Keluarga
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved