www.tirastimes.com
Senin, 18 Februari 2019
 
Polda Riau Amankan Wanita Penyebar Hoax Soal Gempa
Kamis, 04-10-2018 - 13:59:30 WIB

TERKAIT:
 
  • Polda Riau Amankan Wanita Penyebar Hoax Soal Gempa
  •  

    PEKANBARU,tirastimes - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau mengamankan seorang wanita karena menyebar berita hoax atau bohong. Pelaku menyebutkan akan terjadi gempa besar berkekuatan 8,6 SR di Jawa dan sekitarnya.

    Tindakan wanita berinisial ML itu sangat meresahkan masyarakat. Apalagi, masyarakat masih berduka karena gempa dan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah dengan korban lebih dari 1.000 jiwa.

    Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, mengatakan, ML diamankan di rumahnya di Jalan Patin, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Rabu (3/10/2018) sekitar pukul 13.00 WIB. Berita bohong diposting ML di akun Facebook-nya pada Selasa 25 dan 29 September 2018 serta 2 Oktober 2018.

    Wanita asal Dumai itu mengunggah informasi hoax terkait akan terjadi gempa di Jawa dan sekitarnya. Diinformasi itu ia juga menyebutkan gempa itu prediksi BMKG Jakarta. 

    Dalam postingannya, pelaku tidak menyebutkan kapan gempa akan terjadi tapi dia meminta bertobat dan selalu siaga. “Informasi hoax soal gempa yang disebarkan pelaku di Facebook menimbulkan keresahan di masyarakat,” kata Gidion, Kamis (4/10/2018).

    Gidion mengatakan ML sudah dimintai keterangan terkait tindakan dan motif dirinya memposting berita bohong. "Sudah diperiksa, dan kita masih mendalami kasus ini," kata Gidion.

    Gidion mengimbau masyarakat untuk tidak memposting atau menyebarkan berita hoax karena dapat meresahkan. "Saat suasana duka akibat gempa dan tsunami Palu, hendaknya jangan dimanfaatkan dengan menyebar berita bohong lain," pesan Gidion.

    Untuk diketahui, penanganan kasus ini merujuk pada atensi Presiden Jokowi yang memerintahkan polisi untuk menindak tegas penyebar hoax usai bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. (yuen)



     
    Berita Lainnya :
  • Polda Riau Amankan Wanita Penyebar Hoax Soal Gempa
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Di Daerah Ini, Merokok Sembarangan Bakal Didenda Rp 5 Juta
    2 Malam Tahun Baru, Akan Ada Car Free Night di Pekanbaru
    3 APBD Meranti Tahun 2019 Disahkan Rp1.4 Triliun
    4 Imam Masjid Istiqlal Ungkap Pernikahan Syahrini dan Reino Barack di Jepang
    5 MTQ Tingkat Kecamatan Tampan Digelar 3-4 Maret
    6 Polri Petakan Wilayah Rawan Selama Pilpres dan Pileg 2019
    7 Jokowi Kunjungi Riau 8 Desember?
    8 Buku Puisi Bunatin Karya Dheni Kurnia Dibedah
    9 Tiga Amal Saleh ini Paling Dicintai Allah
    10 Siap-siap, Besok Daerah-daerah Ini Alami Pemadaman Listrik Bergilir
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Opinion | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2017 www.tirastimes.com | LUGAS, TUNTAS..TAS..TAS, All Rights Reserved